Analisis Dan Desain Aplikasi Online Shop

Authors

  • Muhammad Hery Santoso STMIK Widya Utama
  • Sulistiyasni STMIK Widya Utama

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan cara membangun aplikasi online shop di toko Freshmode yang menjual produk fashion. Pengolahan data penjualan barang pada toko Freshmode fashion selama ini masih dilakukan dengan mencatat transaksi secara manual. Aplikasi ini dibuat dengan maksud untuk memberikan kemudahan dalam mengelola penjualan produk fashion dan pengolahan data transaksi.

Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall (air terjun) dimana dalam metode tersebut terbagi menjadi tiga fase yaitu analisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengujian yang harus diselesaikan secara berurutan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dan wawancara serta studi literatur untuk menambah wawasan dan informasi melalui jurnal dan pustaka yang relevan dengan topik yang dibahas.

Aplikasi online shop telah diuji kinerja produknya melalui perhitungan matematis yang menunjukan persentase di atas angka 75% sebagai batas minimal kinerja produk yang diinginkan, yaitu dengan nilai uji produk 85% berdasarkan metode pengujian dimension of quality for goods. Hasil yang dicapai berdasarkan hasil analisa dan perhitungan tersebut menunjukan bahwa aplikasi yang dibangun dapat digunakan oleh manajemen freshmode fashion untuk membantu meningkatkan kinerja penjualan produk dan meningkatkan kegiatan promosi dengan lebih efisien yang dapat menjangkau daerah pemasaran yang lebih luas dalam waktu singkat.

Kata kunci   - Penjualan, Waterfall, Dimension of Quality for Goods, Aplikasi, Online Shop.

                                                   

Abstract

 This research was conducted by building an online shop application at the Freshmode store that sells fashion products. So far, data processing on sales of goods at Freshmode fashion stores is still done by manually recording transactions. This application was created with the intention of providing convenience in managing the sales of fashion products and processing transaction data.

The development method used in this research is the Waterfall method, where the method is divided into three phases, namely needs analysis, design, implementation and testing which must be completed sequentially. While the data collection methods used include observation, interviews and literature studies to add insight and information through journals and literature relevant to the topics discussed

The online shop application has been tested for product performance through mathematical calculations which show a percentage above 75% as the minimum limit for the desired product performance, namely with a product test value of 85% based on the dimension of quality for goods testing method. The results achieved based on the results of the analysis and calculations show that the application built can be used by freshmode fashion management to help improve product sales performance and increase promotional activities more efficiently that can reach a wider marketing area in a short time.

 Keywords  - Sales, Waterfall, Dimension of Quality for Goods, Applications, Online Shop

Published

2021-06-10

Issue

Section

Articles