Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Jasa Servis Mobil Berbasis Website

Authors

  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Galih Raka Setyo Aji Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Septi Fajarwati Universitas Amikom Purwokerto

Keywords:

Jasa Service Mobil, Pemesanan, Website

Abstract

Abstrak

Teknologi informasi sangat diperlukan semua orang, baik pribadi, perusahaan yang hampir semua bidang bisnisnya. Transportasi dibutuhkan oleh manusia seiring berkembangnya zaman dan adanya peningkatan mobilitas kegiatan. Perkembangan kendaraan tersebut terutama mobil di imbangi dengan bertambahnya penduduk yang semakin meningkat di setiap tahunnya. Tentunya semakin meningkatnya kendaraan, semakin meningkat pula masyarakat yang membutuhkan jasa service atau reparasi kendaraan yang mereka miliki. Perawatan adalah sebuah operasi atau aktivitas yang harus dilakukan secara berkala dengan tujuan untuk melakukan pergantian kerusakan peralatan dengan resources yang ada. Bengkel mobil loxa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa service atau perawatan kendaraan bermotor khususnya mobil. Bengkel Mobil Loxa dalam dunia automotif, memberikan jasa service, perawatan mobil,  mulai dari perawatan berkala sampai service kerusakan mobil khususnya untuk wilayah Purwokerto. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sealama ini masih memiliki permasalahan yaitu pelanggan harus datang langsung ke bengkel langganan atau bengkel, menunggu antrian service atau perawatan mobil, serta kurang efisien karena menghabiskan banyak waktu. Atas dasar kondisi tersebut, penelitian ini membutuhkan sebuah sistem informasi yang cepat dan akurat untuk dapat meningkatkan layanan suatu aplikasi service mobil yang memudahkan masyarakat Purwokerto untuk melakukan service maupun melakukan perawatan mobil. Dengan hasil akhir yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebuah aplikasi pemesanan jasa service mobil berbasis web yang diharapkan dapat membantu pihak manajemen dalam memberikan layanan yang optimal kepada pelanggan.

Kata kunci: Jasa Service Mobil, Pemesanan, Website

 Abtract 

Information technology is highly needed by all people for both personal and business purposes; it involves all business aspects. In addition, transportation is also required by humans along with the current development and the increase in an individual's mobility of activities. The development of vehicles, especially cars, is in line with the increasing population every year. Of course, the more escalation on vehicle development, the more demand for vehicle service or maintenance. Vehicle maintenance is a process or activity that must be carried out regularly with the aim of replacing damaged spare parts with the available resources. Loxa Car-Repair Shop is a service business engaged in the maintenance of vehicles, especially cars. The shop provides car services and maintenance; it includes periodic car maintenance and damage reparation for Purwokerto region. There are still problems discovered in the shop services including a) customers have to come directly to the workshop, and b) they have to wait in a long queue and during the maintenance process. It is inefficient because it takes a lot of time. Based on these conditions, this research requires a fast and accurate information system to be able to improve a car service application that makes it easy for the citizens of Purwokerto to get the car service and maintenance. The final result to be achieved in this research is a web-based application to reserve car services that are expected to help the shop management in providing optimal services to the customers.

Keywords: Car Service, Reservation, Website

Published

2021-06-07

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>