Media Interaktif Sebagai Media Visualisasi Pada Pembelajaran Tematik
Interactive Media For Thematic Learning Through Visualization
Keywords:
Media interaktif, pembelajaran tematik, : Interactive media, thematic learningAbstract
ABSTRAK
Pada tema pengalamanku sub tema pengalaman di sekolah pada sub materi Bahasa Indonesia dan Matematika ada banyak pembelajaran yang membutuhkan alat bantu dalam penyampaian materi. Akan tetapi selama ini proses kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di SD Negeri 03 Ayamalas khususnya kelas 1, guru hanya menggunakan buku dan properti seadanya tanpa ditunjang dengan penggunaan alat bantu sebagai media penyampaian materi. Hal ini menyebabkan siswa kurang maksimal dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk membuat media interaktif sebagai media visualisasi pada pembelajaran tematik. Metode pengembangan sistem pada penelitian ini mengggunakan konsep penelitian dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahap yaitu: pengonsepan (Concept), perancangan (Design), pengumpulan materi (Material Collecting), pembuatan (Testing) , pengujian (Assembly) dan pendistribusian (Distribution). Adapun hasil penelitian yaitu telah dibuat media interaktif pada pembelajaran tematik bertema “Pengalamanku” dengan sub tema “Pengalaman di Sekolah”. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh rata-rata skor keseluruhan aspek sebesar 3038 dengan persentase kualitas media 80.01%, yang artinya media interaktif ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas 1 SD N Ayamalas 03.
ABSTRACT
Under the sub-theme of my school experiences in the Indonesian Language and Mathematics sub-material, there is a lot of learning that requires tools to be delivered. So far, teachers at SD Negeri 03 Ayamalas, especially in class 1, have only used books and makeshift objects as mediums for delivering the material rather than using tools. As a result, students do not fully comprehend the teacher's material. This research aims to create interactive media for thematic learning through visualization. Research in this study uses the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) methodology, which includes six stages, namely: Concept, Design, Material Collection, Testing, Assembly, and Distribution. Based on the research, interactive media has been developed for thematic learning with the theme "My Experience" and the subtheme "Experience at School". According to the test results, the average score for all aspects was 3038, and the media quality percentage was 80.01%, which means that this interactive media is suitable for supporting teaching and learning activities at SD N Ayamalas 3.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.