Video Animasi 2 Dimensi Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas V

Authors

  • Septi Fajarwati Universitas AMIKOM Purwokerto
  • Resnu Hermawan Universitas AMIKOM Purwokerto
  • Aulia Hamdi Universitas AMIKOM Purwokerto

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang berguna bagi kehidupaan manusia. Matematika yang dianggap sulit dan membosankan dapat menjadi pelajaran yang disenangi siswa. Di SD Negeri 02 Kedung Benda siswa mengalami kesulitan dalam pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah membuat video animasi 2 dimensi untuk memudahkan belajar siswa kelas V. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai media bantu guru dalam memberikan materi operasi bilangan bulat untuk kelas V. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode pengembangan oleh M. Suyanto yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pra-produksi, produksi, pasca produksi. Hasil dari penelitian ini adalah berhasil dibuat video animasi 2 dimensi sebagai media pembelajaran matematika kelas V dengan prosentasi terbanyak yaitu SS atau sangat setuju sebesar 91% maka dapat disimpulkan bahwa video animasi 2 dimensi sebagai pembelajaran matematika kelas V sudah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Published

2020-05-15

Issue

Section

Articles