Game Edukasi Pahlawan Indonesia

Penulis

  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aditya Indro Waskito Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstrak

ABSTRAK

Perkembangan teknologi sekarang ini sangat cepat, guru sebagai tenaga pengajar harus mengikuti perkembangan teknologi, guru dapat menerapkan peran teknologi melalui media alat penunjang pembelajaran seperti game edukasi. Dengan dibangunnya game Indonesian Hero selain sebagai media hiburan dan juga dapat sebagai media alat bantu pembelajaran untuk mengenalkan sejarah pahlawan saat masa proklamasi dan setelah masa proklamasi semakin beragam, sehingga Siswa memiliki pilihan baru media alat penunjang pembelajaran selain buku, poster dan lisan dari guru.

Aplikasi dibangun dengan menggunakan Unity dan menggunakan bahasa pemrograman C#, karena Unity memiliki fitur-fitur yang lengkap dan mudah diguunakan untuk dipakai dalam pembuatan aplikasi. Metode yang digunakan dalam melakukan tugas akhir ini adalah Multimedia Development Life Cycle. Pengembangan metode multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution

Kata Kunci: Game, Pahlawan, Multimedia Development Life Cycle, Unity.

 

 

ABSTRACT

The development of technology today is very fast, teachers as teachers have to follow the development of technology, teachers can apply the role of technology through learning media tools such as educational games. With the development of Indonesian Hero game in addition to as a medium of entertainment and also can be a medium of learning aids to introduce the history of heroes during the proclamation and after the proclamation increasingly diverse, so that students have a new choice of media supporter tools other than books, posters and oral teachers.

Application is built using the Unity and the C# programming language, because the Unity features that are complete and easy to use for making application. The methods used in carrying out practical work is Multimedia Development Life Cycle. The development of multimedia method is performed by six stages: design, material collecting, assembly, testing, and distribution.

Diterbitkan

2019-11-13

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>