Aplikasi Metode Certainty Factor Pada Pengembangan Sistem Pengklasifikasi Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Haris Jamaludin Politeknik Pratama Purwokerto

Abstract

Abstrak

Sistem pakar adalah sebuah program yang difungsikan untuk menirukan pakar manusia agar bisa melakukan hal-hal yang dapat dikerjakan oleh seorang pakar. Sistem pakar ini menggunakan pendekatan dengan penerapan metode Certainty Factor (CF). Metode CF atau faktor kepastian diharapkan dapat memberikan jawaban kepada pengguna terhadap sesuatu yang tidak pasti. Pada saat seorang pakar tidak dapat mendefinisikan hubungan antara gejala dengan penyebab gangguan secara pasti, dan anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak dapat merasakan suatu gejala dengan pasti. Pada akhirnya akan ditemukan banyak kemungkinan diagnosis.

Penelitian ini mengambil kasus pengklasifikasian anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan metode CF dengan pengolahan data lebih dari sekali dan agar mendapatkan hasil yang diinginkan, peneliti menggunakan kombinasi metode CF untuk menghitung bukan saja nilai baris, namun juga dikombinasikan dengan nilai kolom dari table pertanyaan alat identifikasi anak berkebutuhan khusus yang di terbitkan oleh Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan aplikasi dengan menggunakan metode CF untuk pengklasifikasian anak berkebutuhan khusus.

Kata Kunci - Certainty Factor, Sistem Pakar, Anak Berkebutuhan Khusus.

 

Abstract

An expert system is a program that functions to mimic human experts so that they can do things an expert can do. This expert system uses an approach with the application of the Certainty Factor (CF) method. The CF method or the certainty factor is expected to provide answers to users for something that is uncertain. When an expert cannot define the relationship between symptoms and the cause of the disorder with certainty, and children with special needs (ABK) cannot feel a symptom with certainty. In the end, there will be many possible diagnoses.

 This study took the case of classifying children with special needs using the CF method with data processing more than once and in order to get the desired results, the researcher used a combination of the CF method to calculate not only row values but also combined with column values from the question table to identify children with needs. specifically published by the Directorate of Special Education and Special Services. The formulation of the problem in this study is how to develop applications using the CF method for classifying children with special needs.

Published

2017-05-16

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)