Bimbingan Belajar Operasi Bilangan Pecahan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Tutoring in Fractional Number Operations to Increase Interest and Motivation in Learning Mathematics in Junior High School Students
Kata Kunci:
Bimbingan, minat, motivasi, matematika, Guidance, interest, motivation, mathematicsAbstrak
ABSTRAK
Tujuan pengabdian pada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika. PkM ini dilaksanakan di kelas 7 Sekolah Menengah Pertama YAPIM Birubiru, Deli Serdang, Sumatera Utara. Jumlah peserta bimbingan belajar sebanyak 75 orang. PkM ini laksanakan sebanyak 10 kali pertemuan yang dimulai tanggal 9 sampai 30 September 2023. Teknik pelaksanaan PkM adalah (1) memberikan modul yang meliputi ringkasan materi operasi bilangan pecahan (2) pretest (3) bimbingan belajar, meliputi (a) menjelaskan, (b) penugasan, (c) kuis, (5) memberikan kuesioner yang mencakup minat dan motivasi terhadap matematika, dan (6) melaksanakan posttes. Berdasarkan hasil angket dan posttest sesudah pelaksanaan PkM, maka hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar siswa meningkat menjadi kategori tinggi, dan kemampuan siswa dalam operasi pecahan meningkat menjadi kategori tinggi.
ABSTRACT
The aim of this community service (PkM) is to increase students' interest and motivation in learning mathematics. This PkM was implemented in class 7 of YAPIM Birubiru Junior High School, Deli Serdang, North Sumatra. The number of tutoring participants was 75 people. This PkM will be held in 10 meetings starting from 9 to 30 September 2023. The technique for implementing PkM is (1) providing a module which includes a summary of material on operations on fractions (2) pretest (3) learning guidance, including (a) explaining, (b ) assignments, (c) quizzes, (5) giving a questionnaire that covers interest and motivation towards mathematics, and (6) carrying out posttests. Based on the results of the questionnaire and posttest after implementing PkM, the results of descriptive data analysis showed that students' interest and motivation to learn increased to the high category, and students' abilities in fraction operations increased to the high category.