Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA) https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian <p>Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA) yang diterbitkan oleh CV. Infomedia Technology merupakan jurnal pengembangan dan penerapan Ipteks yang memuat publikasi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya ilmu komputer, pendidikan, ekonomi, teknik, pertanian, sosial humaniora, hukum, psikologi dan kesehatan. JUDIKA terbit 2 kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember.</p> en-US Mon, 04 Aug 2025 10:21:48 +0800 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Implementasi Sistem Presensi Online Berbasis Web sebagai Inovasi Pengelolaan Kehadiran Siswa di SMP Negeri 16 Kota Cirebon https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/539 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Presensi merupakan komponen penting dalam instansi pendidikan sebagai indikator kehadiran dan disiplin siswa. SMP Negeri 16 Kota Cirebon mengalami kendala dalam proses pencatatan kehadiran karena sistem presensi masih menggunakan metode manual berbasis kertas. Permasalahan tersebut meliputi kesulitan rekap data, rentan kehilangan data, serta proses perbaikan yang tidak efisien. Untuk mengatasi hal ini, dirancanglah sistem presensi online berbasis web dengan tujuan meningkatkan efisiensi, akurasi, dan aksesibilitas data kehadiran siswa. Sistem dikembangkan menggunakan framework Laravel, serta Tailwind CSS dan Livewire pada sisi tampilan, dan dibagi menjadi dua bagian: publik (Home, Kepegawaian, Kesiswaan, Profil, PPDB) dan portal guru yang dilengkapi fitur login, presensi, dan manajemen user. Metode pengembangan sistem menggunakan model waterfall dengan tahapan: analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu mencatat dan merekap data kehadiran secara otomatis serta menyediakan akses informasi real time bagi wali murid. Kesimpulannya, sistem ini berhasil meningkatkan kualitas pengelolaan presensi dan mendukung digitalisasi administrasi di lingkungan sekolah.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Attendance is a crucial component in educational institutions as an indicator of student presence and discipline. SMP Negeri 16 Kota Cirebon faces challenges in recording attendance due to the use of manual paper-based methods. These issues include difficulty in data recap, high risk of data loss, and inefficient data correction processes. To address this, a web-based online attendance system was designed to enhance efficiency, accuracy, and accessibility of student attendance records. The system was developed using the Laravel framework, with Tailwind CSS and Livewire for the interface. It is divided into two segments: the public section (Home, Personnel, Student Affairs, Profile, Admissions), and the teacher portal equipped with login features, attendance input, and user management. The system development applied the waterfall model consisting of stages: analysis, system design, implementation, testing, and maintenance. Test results show that the system effectively records and recaps attendance automatically, and enables real-time access for parents. In conclusion, the system successfully improves the quality of attendance management and supports the digital transformation of school administration.</em></p> Dimara Kusuma Hakim, Bayu Aji Nugroho Copyright (c) 2025 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/539 Mon, 04 Aug 2025 00:00:00 +0800 Meningkatkan Pengetahuan Siswa Tentang Pentingnya Vaksin MMR dan Penyakit Gondongan di SD Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/540 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penyakit gondongan (parotitis) merupakan penyakit infeksi virus yang dapat menular melalui droplet dan kontak langsung. Penyuluhan mengenai pencegahan penyakit gondongan dan pentingnya vaksin MMR telah dilaksanakan di SDN Pakintelan 02 Kecamatan Gunungpati dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang penyakit gondongan. Metode yang digunakan meliputi presentasi, diskusi, pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Selain itu, ditemukan beberapa siswa yang belum mendapatkan vaksin MMR secara lengkap. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi lebih lanjut mengenai pencegahan penyakit gondongan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap imunisasi dan tindakan pencegahan lainnya. Edukasi kesehatan yang menarik dan interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya imunisasi dan pencegahan penyakit menular.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Mumps (parotitis) is a viral infection that can be transmitted through droplets and direct contact. Counseling regarding mumps prevention and the importance of the MMR vaccine was carried out at SDN Pakintelan 02, Gunungpati District, with the aim of increasing student knowledge of mump disease. The methods used include presentation, discussion, pretest and posttest. The results showed a significant increase in students' understanding, indicated by a higher average post-test score compared to the pre-test. In addition, it was found that some students had not received the full MMR vaccine. Therefore, further education is needed regarding mumps prevention to increase students' awareness of immunization and other preventive measures. Interesting and interactive health education has proven effective in increasing students' understanding of the importance of immunization and preventing infectious diseases.</em></p> Ulfa Filliana, Khoirul Anwar, Darmanto, Chellsy Fasya Haqiqi, Hakiki Mustikawati, Palina Singka Wulansari Copyright (c) 2025 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/540 Tue, 05 Aug 2025 00:00:00 +0800 Pelatihan Komputer Dasar Bagi Anak Sekolah Dasar: Mengetik, Menggambar, dan Mengelola File Menggunakan Microsoft Word, Paint, dan File Explorer https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/541 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pelatihan komputer dasar ini ditujukan untuk lima anak sekolah dasar sebagai pengenalan awal terhadap penggunaan komputer secara sederhana dan menyenangkan. Kegiatan dilakukan di rumah dengan materi meliputi mengetik menggunakan Microsoft Word, menggambar digital menggunakan Paint, serta menyimpan dan membuka file melalui File Explorer. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta mulai memahami fungsi dasar komputer dan mampu mengoperasikannya secara mandiri. Kegiatan ini membuktikan bahwa literasi digital dapat dikenalkan sejak dini melalui pendekatan yang sesuai dengan usia anak-anak.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This basic computer training is aimed at five elementary school children as an initial introduction to the use of computers in a simple and fun way. The activities are carried out at home with materials including typing using Microsoft Word, digital drawing using Paint, and saving and opening files through File Explorer. The results of the training showed that participants began to understand the basic functions of computers and were able to operate them independently. This activity proves that digital literacy can be introduced early on through an approach that is appropriate to the age of children.</em></p> Sigit Sugiyanto, Ilyas A’thaa Wat Taqaa, Haris Jamaludin Copyright (c) 2025 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/541 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0800 Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan di Microsoft Word Bagi Mitra UMKM Pemula https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/542 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pelatihan ini berfokus pada pentingnya pelatihan <em>Microsoft Word</em> bagi Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyusun dokumen yang terstruktur,lengkap dan tepat menjadi kebutuhan penting di dunia kerja dan usaha khususnya bagi pelaku Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM). Namun,sebagian besar mitra UMKM pemula belum memiliki pemahaman dan kemampuan teknis dalam memanfaatkan fitur-fitur <em>Microsoft Word</em>,terutama dalam membuat laporan keuangan. Oleh karena itu diperlukan pelatihan <em>Microsoft Word</em> kepada para pelaku UMKM pemula untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun dokumen professional di <em>Microsoft Word, </em>UMKM dapat memanfaatkan kekuatan perangkat lunak serbaguna ini, yang dapat menghasilkan isi dokumen yang terstruktur,mudah dipahami dan dapat membuat laporan keuangan untuk kepentingan usaha UMKM.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em><em>This training focuses on the importance of Microsoft Word training for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM) to compile structured, complete and precise documents as an important need in the world of work and business, especially for Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). However, most beginner UMKM partners do not yet have the understanding and technical skills to utilize Microsoft Word features, especially in making financial reports. Therefore, Microsoft Word training is needed for beginner UMKM to improve their ability to compile professional documents in Microsoft Word, UMKM can utilize the power of this versatile software, which can produce structured, easy-to-understand document content and can create financial reports for the benefit of UMKM businesses.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Sigit Sugiyanto, Tito Pinandita Copyright (c) 2025 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/542 Tue, 05 Aug 2025 00:00:00 +0800 Pelatihan Desain Interface Berdasarkan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/551 <p>ABSTRAK</p> <p>Dalam era digital, pemahaman tentang Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) sangat krusial untuk mendesain antarmuka yang efektif dan intuitif. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar HCI kepada generasi muda, meningkatkan pemahaman tentang desain antarmuka dan usability melalui metode pembelajaran interaktif. Kegiatan ini melibatkan diskusi, analisis studi kasus, dan umpan balik bagi peserta, yang diharapkan dapat mengembangkan sikap kritis terhadap teknologi dan memajukan kemampuan dalam bidang desain interaksi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan antusiasme peserta, serta minat yang lebih besar untuk mengeksplorasi karir di bidang HCI.</p> <p>ABSTRACT</p> <p>In the digital age, an understanding of Human and Computer Interaction (HCI) is crucial for designing effective and intuitive interfaces. This training aims to introduce the basic concepts of HCI to the younger generation, improving understanding of interface design and usability through interactive learning methods. It involves discussion, case study analysis, and feedback for participants, which is expected to develop a critical attitude towards technology and advance skills in the field of interaction design. The results of the training showed an increase in participants' knowledge and enthusiasm, as well as a greater interest in exploring a career in HCI.</p> <p>&nbsp;</p> Elindra Ambar Pambudi, Zufar Syamsu Arsyad Copyright (c) 2025 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/551 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0800 Peningkatan Kreativitas dan Pelestarian Budaya Melalui Pembuatan Damar Kurung dan Batik Teknik Shibori Siswa Sekolah Dasar https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/545 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penanaman nilai budaya lokal sekaligus pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar menjadi tantangan di tengah arus modernisasi yang kian pesat. Banyak generasi muda yang tidak mengenal lagi budaya lokal dan lebih terbiasa dengan budaya modernisasi, seperti berinteraksi di media sosial (Tik Tok, instagram), <em>game</em> online, dan gaya hidup praktis lainnya. Tujuan dari artikel ini membahas implementasi kegiatan pembuatan damar kurung dan batik teknik shibori sebagai sarana edukatif untuk menumbuhkan kreativitas sekaligus melestarikan budaya lokal di kalangan siswa SD Desa Kedungpring, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan praktik langsung (<em>learning by doing</em>) melalui serangkaian kegiatan terstruktur mulai dari pengenalan materi hingga praktik pembuatan karya seni. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pembuatan damar kurung dan batik shibori dapat meningkatkan antusiasme, keterampilan artistik, kesadaran budaya, serta kemampuan kerja sama di antara siswa. Kendala teknis seperti keterbatasan alat dan waktu dapat diatasi dengan adaptasi metode yang menyenangkan dan ramah anak. Kegiatan ini terbukti efektif menjadi alternatif pembelajaran berbasis budaya dan diharapkan dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan.</p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>Instilling local cultural values while developing the creativity of elementary school students is a challenge amidst the increasingly rapid flow of modernization. Many young people are no longer familiar with local culture and are more accustomed to modernization, such as interacting on social media (Tik Tok, Instagram), online games, and other practical lifestyles. The purpose of this article discusses the implementation of activities to make damar kurung and batik using the shibori technique as an educational tool to foster creativity while preserving local culture among elementary school students in Kedungpring Village, Balongpanggang District, Gresik Regency. The method used is a participatory approach and direct practice (learning by doing) through a series of structured activities ranging from material introduction to practical art creation. The results of the activity show that making damar kurung and batik shibori can increase enthusiasm, artistic skills, cultural awareness, and collaboration skills among students. Technical obstacles such as limited tools and time can be overcome by adapting fun and child-friendly methods. This activity has proven effective as an alternative to culture-based learning and is expected to continue</em><em>.</em></p> <p> </p> <p> </p> Norainny Yunitasari, Berliana Ma’ruf, Febrianti Firdaus, Nikmatun Najla, Noviyanti Maghfiroh, Tarisah Nur Fitriana Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA) https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/545 Sun, 01 Jun 2025 00:00:00 +0800 Yoga Prenatal dan Edukasi Gizi: Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu Hamil di Desa Kedungpring https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/549 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Ibu hamil, khususnya pada trimester pertama, secara mayoritas mengalami mual muntah. Kondisi mual muntah dapat diantisipasi dengan beberapa cara, diantaranya senam yoga. Selain itu, untuk kondisi mual muntah perlu adanya edukasi terkait pentingnya gizi selama kehamilan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan ibu hamil trimester I dan II terkait gizi seimbang serta manfaat dan teknik prenatal yoga. Kegiatan melibatkan 8 ibu hamil yang mengikuti pretest, penyuluhan, praktik yoga prenatal, dan posttest. Materi disampaikan oleh bidan desa dan mahasiswa S1 Kebidanan menggunakan media leaflet serta metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan responden; kategori pengetahuan baik meningkat dari 50% menjadi 87,5%, kategori cukup menurun dari 50% menjadi 12,5%, dan tidak ada responden dengan pengetahuan kurang. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas edukasi yang terstruktur dalam mempersiapkan ibu hamil secara fisik, mental, dan spiritual menghadapi persalinan. Kegiatan edukasi prenatal yoga berkontribusi pada peningkatan literasi kesehatan, penurunan kecemasan, dan peningkatan kualitas hidup ibu hamil. Disarankan program ini diperluas ke wilayah lain dengan frekuensi dan durasi lebih optimal untuk memaksimalkan manfaat jangka panjang.</p> <p><strong>ABSTRACT</strong></p> <p><em>Pregnant women, especially in the first trimester, experience nausea and vomiting. Nausea and vomiting can be managed through several methods, including yoga. Furthermore, education regarding the importance of nutrition during pregnancy is essential for nausea and vomiting. The objective of this activity was to increase the knowledge of pregnant women in their first and second trimesters regarding balanced nutrition and the benefits and techniques of prenatal yoga. Eight pregnant women participated in the pretest, counseling, prenatal yoga practice, and posttest. The material was delivered by village midwives and undergraduate midwifery students using leaflets and lectures, questions and answers, and demonstrations. Evaluation results showed a significant increase in respondents' knowledge; the good knowledge category increased from 50% to 87.5%, the fair knowledge category decreased from 50% to 12.5%, and no respondents had poor knowledge. This increase reflects the effectiveness of structured education in preparing pregnant women physically, mentally, and spiritually for childbirth. Prenatal yoga education activities contributed to increased health literacy, decreased anxiety, and improved quality of life for pregnant women. It is recommended that this program be expanded to other regions with more optimal frequency and duration to maximize long-term benefits.</em></p> Norainny Yunitasari, Athiyyah Sholihah, Dewi Sakinaturrochmah Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA) https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/549 Sun, 01 Jun 2025 00:00:00 +0800 Efisiensi Energi Listrik Berbasis Timer Theben Sul 181H Di Desa Kedungpring https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/550 <p>Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan akan energi listrik juga semakin meningkat. Kondisi ini mendorong perlu adanya tindakan untuk melakukan efisiensi energi listrik. Salah satu cara untuk melakukan efisiensi listrik adalah pemanfaatan Penerangan Jalan Umum (PJU) secara otomatis. Sementara, kondisi PJU di Desa Kedungpring Gresik Jawa Timur masih menggunakan sistem manual. Tujuan dari kegiatan kerja nyata yang dilakukan di Desa Kedungpring adalah melakukan inovasi perancangan dan pemasangan kontrol panel PJU otomatis berbasis timer Theben SUL 181H. Alat ini bekerja dalam siklus 24 jam dan pemasangan <em>timer</em> digunakan untuk mengatur jadwal waktu penyalaan dan pemadaman&nbsp; lampu secara tepat tanpa intervensi manusia. Sistem ini mengunakan <em>timer</em> yang telah di program untuk menyalakan lampu pada pukul 18.00 WIB dan mematikan lampu pada pukul 05.00 WIB. Secara umum, kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan kerja nyata dari mahasiswa teknik elektro dari Universitas Muhammadiyah Gresik dapat meningkatkan efisiensi listrik dan pengoperasian PJU di Desa Kedungpring. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari warga dan perangkat Desa Kedungpring. Dari kegiatan ini disarankan perlu adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, , khususnya di desa-desa, untuk melakukan pemasangan PJU otomatis. Pemasangan PJU otomatis dapat meringankan tugas warga desa untuk menyalakan atau mematikan PJU, serta dapat melakukan efisiensi energi listrik.</p> Norainny Yunitasari, Khasanul Khakim , Reza Fadhilah Reza Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JUDIKA) https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalpengabdian/article/view/550 Sun, 01 Jun 2025 00:00:00 +0800