Penerapan Digital Marketing Guna Optimalisasi Promosi dan Penjualan pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tas Desa Loram Kulon, Kudus
Kata Kunci:
digital, marketing, KUB, tasAbstrak
Digital marketing atau lebih umum disebut website tidak hanya dimanfaatkan oleh dunia usaha saja, kini website berkembang dalam blog - blog pribadi dan juga organisasi sosial lainnya. Aplikasi pembuat website pun bermunculan untuk memudahkan pengguna membuat website secara instant. Anggota KUB Garnir dan KUB Bak Tengah di desa Loram Kulon masih menjalankan pengelolaan usahanya secara konvensional baik untuk memperkenalkan produk mereka maupun pemasarannya. Promosi dan penjualan yang masih dilakukan secara manual mengakibatkan area pemasaran menjadi relatif diarea yang kurang luas. Hal itu dapat diatasi dengan menerapkan digital marketing, dengan penerapan digital marketing akan membuat jangkauan pemasaran produk tas dari Anggota KUB Garnir dan KUB Bak Tengah lebih luas bukan hanya wilayah lokal Jawa Tengah. Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muria Kudus berinisiatif untuk membantu menerapkan digital marketing untuk Anggota KUB Garnir dan KUB Bak Tengah. Tim Pengabdian Masyarakat UMK menyadari bahwa website merupakan sarana penyampaian informasi secara online yang mampu menembus batasan ruang dan waktu. Langkah penerapannya dilakukan dengan membeikan pelatihan dan pendampingan, dan diharapkan anggota KUB Garnir dan KUB Bak Tengah menerapkan digital marketing untuk mengelola pemasaran dan promosi mereka.