Pelatihan Seni Menggambar Untuk Taman Anak-Anak
Kata Kunci:
Drawings, Ideas, Skills, Creativity.Abstrak
Abstrak
Secara umum tujuan pembelajaran menggambar ialah agar anak memiliki pengetahuan dasar kepekaan artistik (keindahan) dan kemampuan mengungkapkan ide/gagasan dan kemampuan mengungkapkan dirinya secara kreatif sejak lahir. Namun, tidak setiap waktu seorang anak dapat mengungkapkan kreativitasnya, oleh sebab itu guru harus memberi motivasi dengan jalan memberi stimulus tertentu. Kegiatan pelatihan ini adalah program yang memberi manfaat agar supaya anak peserta didik, khususnya anak usia PAUD dapat mengembangkan keterampilan dan gagasannya dalam bentuk gambar. Di sini peran pelatih sangat dibutuhkan untuk memacu keberanian peserta untuk eksplorasi garis, bentuk dan warna agar dapat menghasilkan gambar yang artistic dan menarik. Dari proses kegiatan ini pelatih mencermati usaha para peserta dalam upayanya menciptakan bentuk-bentuk yang unik sesuai dengan karakter masing-masing dan tingkat usia para peserta yang beragam. Program pelatihan gambar ini merupakan program lanjutan, dengan menggunakan alat/media gambar yang berbeda di mana program pertama menggunakan media crayon, kemudian di program kedua adalah spidol warna. Dari hasil pelatihan tersebut tentu saja menghasilkan gambar-gambar yang berbeda pula. Dengan didukung ilmu-ilmu seperti ilmu pendidikan, psikologi anak dan teori dasar seni rupa diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat diterapkan dalam program yang sejenis bagi anak-anak usia PAUD.
Kata kunci - Gambar, Keterampilan, Kreativitas.
Abstract
In general, the purpose of learning art is so that children have basic knowledge of artistic sensitivity (beauty) and the ability to express ideas / ideas and the ability to express themselves creatively from birth. However, not every time a child can express his creativity, therefore the teacher must provide motivation by providing a certain stimulus.
This training activity is a program that provides benefits so that students, especially PAUD age children, can develop their skills and ideas in the form of pictures. Here the role of the trainer is needed to spur the participants' courage to explore lines, shapes and colors in order to produce an artistic and attractive image. From the process of this activity the trainer observes the efforts of the participants in their efforts to create unique shapes according to their respective characters and the age levels of the participants. This drawing training program is an advanced program, using different image tools / media where the first program uses crayon media, then in the second program is color markers. The results of the training, of course, produce different pictures. With the support of knowledge such as education, child psychology and the basic theory of art, it is hoped that this training activity can be applied in similar programs for children aged PAUD.
Keywords: Drawings, Ideas, Skills, Creativity.