Pelatihan Aplikasi Canva untuk Siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda
Canva App Training for Islamic Center Samarinda Elementary School Students
Abstract
ABSTRAK
Pelatihan ini bertujuan mengasah potensi kreativitas siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda melalui pelatihan aplikasi Canva. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini mencakup langkah-langkah identifikasi kebutuhan, perumusan tujuan, desain materi pelatihan, serta penerapan metode pembelajaran dengan sesi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Teknik pelaksanaan melibatkan pengenalan konsep aplikasi canva, praktik langsung membuat desain peraga pendidikan yang didampingi langsung oleh dosen, PLP, dan mahasiswa. Dalam pelatihan tersebut siswa menggunakan fitur tambah elemen dan fitur tambah teks. Fitur tambah elemen digunakan untuk mencari gambar. Sedangkan fitur tambah teks digunakan untuk menggunakan fitur teks pada suatu desain sebagai alat peraga pendidikan. Evaluasi menunjukkan pemahaman peserta terhadap penggunaan Canva yang sudah dapat mendesain project alat peraga pendidikan menggunakan fitur tambah elemen dan teks. Pelatihan Canva efektif mengasah kreativitas anak SD Islamic Center Samarinda, memungkinkan mereka mengaplikasikan keterampilan desain grafis untuk menciptakan karya kreatif. Pengabdian ini memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kreatif di era digital, sekaligus membangun dasar kuat untuk perkembangan potensi kreativitas mereka di masa mendatang.
This training aims to hone the creativity potential of Islamic Center Samarinda Elementary School students through Canva application training. The methods applied in this service include steps of identifying needs, formulating goals, designing training materials, and applying learning methods with lecture, demonstration, and direct practice sessions. The implementation technique involves introducing the concept of the Canva application, direct practice in making educational demonstration designs accompanied directly by lecturers, PLPs, and students. In the training, students use the add element feature and the add text feature. The add element feature is used to search for images. While the add text feature is used to use the text feature in a design as educational props. The evaluation shows participants' understanding of the use of Canva who can already design educational teaching aids projects using the add elements and text feature. Canva's training effectively hones the creativity of elementary school students at Islamic Center Samarinda, allowing them to apply graphic design skills to create creative work. This devotion contributes positively in preparing students to face the creative challenges of the digital age, while building a strong foundation for the development of their creative potential in the future.