Penguatan Pemahaman Materi Listrik Dinamis “Hukum Ohm” Menggunakan Model Pembelajaran “Discovery Learning” Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Kebumen
Keywords:
discovery learning, praktikum, hukum ohmAbstract
ABSTRAK
Pemahaman konsep materi hukum ohm menjadi awal yang sangat penting dalam pemahaman konsep materi listrik dinamis. Pembelajaran untuk peserta didik tidak hanya dalam bentuk teori, namun diperlukan langkah pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Salah satunya dengan menerapkan metode pembalajaran discovery learning berintegrasi dengan pembelajaran praktikum. Tujuan kegiatan ini untuk penguatan pemahaman materi listrik dinamis terutama materi hukum ohm pada sekolah menengah atas kelas MIPA. Metode discovery learning sebagai suatu cara proses berpikir dan proses penyelesaian masalah secara bertahap step by step. Penerapan metode discovery learning dilanjutkan dengan praktikum hukum ohm sebagai upaya pemantapan pemahamn konsep materi hukum ohm. Terdapat enam langkah pembelajaran discovery learning yaitu stumulation, problem statement, collection, data processing, verification, dan generalization. Hasil kegiatan ini menunjukkan anemo dan hasil yang positif dengan 50% siswa memperoleh skor kategori baik dan merasa terbantukan dalam proses penyelesaian permasalahan dalam hal ini tes awal dan tes akhir. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran discovery learning terintegrasi parktikum hukum ohm dapat menumbuhkan motivasi belajar peserat didik dalam mempelajari materi fisika tahap selanjutnya.
ABSTRACT
Understanding the concept of ohm's law material is a very important start in understanding the concept of dynamic electrical material. Learning for students is not only in the form of theory, but more effective and efficient learning steps are needed. One of them is by applying discovery learning methods integrated with practical learning. The aim of this activity is to strengthen understanding of dynamic electricity material, especially ohm's law material in high school MIPA classes. The discovery learning method is a way of thinking and solving problems gradually, step by step. The application of the discovery learning method was continued with Ohm's law practicum as an effort to strengthen understanding of the concept of Ohm's law material. There are six steps to discovery learning, namely stumulation, problem statement, collection, data processing, verification, and generalization. The results of this activity showed enthusiasm and positive results with 50% of students getting good category scores and feeling helped in the problem solving process, in this case the initial test and final test. It is hoped that by implementing the integrated discovery learning learning model, Ohm's law practice can foster students' learning motivation in studying physics material at the next stage.