Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Bola dalam lah Raga Berbasis Augmented Reality

Augmented Reality-Based Learning Media for Introducing Types of Balls in Sports

Penulis

  • Daffa Rafiatul Maula Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Kata Kunci:

jenis bola, augmented reality, MDLC, media pembelajaran

Abstrak

ABSTRAK

Media pembelajaran memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Namun, penggunaan metode konvensional seperti buku cetak, gambar 2D, dan deskripsi teks seringkali kurang menarik terutama pada materi yang membutuhkan visualisasi nyata seperti pengenalan jenis bola dalam pendidikan jasmani. Untuk mengatasi keterbatasan ini, teknologi Augmented Reality (AR) diperkenalkan sebagai solusi inovatif. AR menggabungkan objek nyata dan virtual secara real-time serta memungkinkan penyajian materi dalam bentuk 3D yang interaktif dan mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun media pembelajaran berbasis AR yang memudahkan siswa dalam mengenali jenis bola serta memberikan akses belajar mandiri yang menarik kapan saja dan di mana saja. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang melibatkan enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berhasil melibatkan 23 responden dari populasi 300 siswa, dipilih menggunakan rumus Slovin dengan margin of error 20%. Berdasarkan analisis Skala Likert, sebanyak 88% responden menyatakan sangat setuju, yang mengindikasikan bahwa aplikasi ini diterima dengan baik dan dianggap efektif serta bermanfaat dalam proses pembelajaran. Aplikasi berbasis AR ini berhasil memberikan solusi inovatif dalam menyajikan materi pembelajaran yang interaktif, relevan, dan menarik, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan motivasi belajar siswa, terutama pada materi yang memerlukan visualisasi nyata.

ABSTRACT

Learning media plays an important role in improving the effectiveness and efficiency of the teaching and learning process. However, the use of conventional methods such as printed books, 2D images, and text descriptions is often less attractive especially on materials that require real visualization such as the introduction of ball types in physical education. To overcome this limitation, Augmented Reality (AR) technology is introduced as an innovative solution. AR combines real and virtual objects in real-time and allows the presentation of material in 3D that is interactive and immersive. This research aims to design and build AR-based learning media that makes it easier for students to recognize ball types and provide access to interesting self-learning anytime and anywhere. The method used in application development is Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which involves six stages namely concept, design, material collection, creation, testing, and distribution. The results showed that the developed application successfully involved 23 respondents from a population of 300 students, selected using the Slovin formula with a margin of error of 20%. Based on Likert Scale analysis, 88% of respondents strongly agreed, indicating that this application was well received and considered effective and useful in the learning process. This AR-based application successfully provides an innovative solution in presenting interactive, relevant, and interesting learning materials, so as to improve the quality and motivation of student learning, especially on materials that require real visualization.

Biografi Penulis

Sigit Sugiyanto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Diterbitkan

2025-01-01

Terbitan

Bagian

Articles