Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Mengenal Huruf dan Angka Berbasis Android Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus: Tk Aisyiyah Somagede)

Penulis

  • Anisa Rahmawati
  • Dimara Kusuma Hakim

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Android, MDLC

Abstrak

Pandemi Covid-19 memiliki dampak ke metode proses belajar mengajar TK Aisyiyah Somagede metode menjadi daring. Metode belajar mengajar dengan menggunakan video pembelajaran yang dibuat oleh guru kemudian disampaikan kepada siswa melalui aplikasi WhatsApp. Metode belajar tersebut membuat minat belajar siswa berkurang. Oleh karena itu, dirancang sebuah aplikasi belajar sebagai media pembelajaran untuk mempermudah dan menarik minat belajar siswa dengan materi belajar mengenal angka, huruf, bentuk, kendaraan, warna dan doa harian. Bahasa pemrograman yang digunakan pada aplikasi ini yaitu java dengan menggunakan software android studio. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu MDLC (Multimedia development Life Cycle) versi Luther dengan 6 tahapan yaitu concept (konsep), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan), testing (pengujian), distribution. Hasil pengujian menyatakan bahwa aplikasi media pembelajaran mengenal huruf dan angka berbasis android ini dapat meningkatkan minat belajar siswa TK Aisyiyah Somagede dengan hasil perhitungan akhir menggunakan skala linkert yaitu sebesar 86,47% sehingga masuk ke dalam kategori sangat setuju.

Diterbitkan

2022-07-17

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama