Aplikasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’An untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android

Authors

  • Syifa Amalia Basyari
  • Dimara Kusuma Hakim

Keywords:

Al-Qur’an, Android, MDLC, Hijaiyah

Abstract

Pandemi yang terjadi saat ini menyebabkan pemerintah memberlakukan physical distancing dimana hal ini menyebabkan institusi pendidikan memberlakukan proses pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran yang mudah diakses oleh siapa saja dan dilakukan dimana saja menjadi faktor pendorong berkembangnya media pembelajaran mobile dimasa pandemi ini. Bagaimana membangun sebuah aplikasi pembelajaran Baca Tulis Al – Qur’an yang tertuju pada pengenalan huruf hijaiyah untuk anak MI kelas 1 berbasis android dengan fitur materi yang interaktif, dan komunikatif dalam minat belajar siswa. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem pada penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). aplikasi media pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an untuk siswa sekolah dasar berbasis android sangat layak untuk digunakan dan berdasarkan hasil pengujian dengan metode skala likert adalah Aplikasi media pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an untuk siswa sekolah dasar berbasis android juga menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan sebagai alternatif untuk membantu proses pembelajaran ataupun pengulangan materi selama pandemic COVID-19 dan bisa digunakan setiap saat tidak hanya pada saat pandemi.

Published

2022-07-19

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)