Implementasi Contras Stretching Pada Kamera Smartphone Menggunakan Algoritma Median Filtering

Authors

  • Arief Givar Prasetya Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tito Pinandita Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sigit Sugiyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

ContrasSstretching, Median Filtering, Waterfall, Flutter

Abstract

Abstrak

Pertumbuhan teknologi dibidang fotografi sudah memasuki pada kehidupan dikala ini. Fotografi pada smartphone terus menjadi bermutu dengan pixel yang terus menjadi besar. Foto yang dihasilkan kerapkali tidak memuaskan, semacam foto kurang sinar maupun foto berbintik Sehingga mutu foto kurang optimal. Dengan pelaksanaan contras stretching serta median filtering diharapkan dapat membetulkan kekurangan hasil gambar yang di miliki.

Contrast stretching adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan gambar baru dengan kontras yang lebih tinggi dari gambar aslinya. Gambar dengan kontras rendah dapat disebabkan oleh cahaya yang tidak cukup, kurangnya medan dinamis pada sensor gambar. Median filtering adalah algoritma untuk mengambil nilai tengah pada gambar yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas gambar dengan cara mengurangi noise atau bercak pada gambar. Penelitian ini menggunakan flutter dengan bahasa dart untuk membuat aplikasi tersebut.

Waterfall adalah metode yang digunakan untuk menyusun pengembangan aplikasi tersebut. Penerapan contras stretching pada aplikasi untuk meningkatkan kualitas citra menggunakan algoritma median filtering dengan menggunakan beberapa sample untuk penelitian. Setelah diteliti objek mengalami kenaikan contras yang signifikan dimana pada hasil pengujian pada hasil akhir warna di histogram sudah merata di semua tempat. Itu menandakan bahwa foto tersebut sudah mendapatkan perubahan.

Kata kunci - Contras Stretching, Median Filtering, Waterfall, Flutter.

 

Abstract

Technology growth in areas like photography is enters at this hour of. Life Photography in a smartphone continue to be high quality with the pixels that continues to be great. Photograph produced often unsatisfactory, a kind of photograph less so the rays and speckled quality photographs not optimal.  With the median contras stretching and filtering expected to fix deficiency results picture in have.

Contrast stretching is a technique used to get a new image with a higher contrast than the original image. Low contrast images can be caused by insufficient light, lack of dynamic field on the image sensor. The median filtering is an algorithm to take the middle value in figure that serves to improve the quality of pictures by means of reduce noise or patches in figure. This research using flutter to the language dart to make the application. Waterfall is the method used to prepare the development of this application. The application of the contras stretching on the application to improve the quality of the image using algorithms median filtering using several sample for research. The guilty object contras increased significant where the testing in the final outcome color in the histogram is evenly all over the place .It means that they are already get the change.

Keyword - ContrasSstretching, Median Filtering, Waterfall, Flutter.

Published

2021-12-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>