Memperkenalkan Huruf Alphabet Dan Angka Menggunakan Aplikasi Game Edukasi Kepada Murid TK UMP

Authors

  • Sulistiyasni STMIK Widya Utama
  • Muhammad Hery Santoso STMIK Widya Utama
  • Riyanti Yunita Kisworini STMIK Widya Utama

Keywords:

Early Childhood, Alphabet and Numbers Recognition, Educational Games

Abstract

Abstrak

Usia dini seorang anak sering disebut sebagai usia emas (golden age) bagi tumbuh kembangnya  anak.  Pendidikan  anak pada  usia  pra sekolah  dasar  (PAUD  dan  TK) memberikan pondasi bagi tumbuh berkembangnya anak selanjutnya. Untuk meningkatkan kreativitas anak, maka diperlukan rangsangan yaitu dalam bentuk sebuah permainan yang mendidik dan dapat meningkatkan kemampuan dalam berfikir, berbahasa serta bergaul dengan orang lain. Dalam hal ini pengenalan huruf dan angka pada anak juga sangat penting demi mengembangkan kecerdasan, bukan hanya mengasah kemampuan mengingat, tapi juga imajinatif dan artistik, pemahaman ruang, keterampilan kognitif, serta pola berpikir kreatif. Game biasanya terkesan negatif bagi sebagian orang tua. Game identik dengan hiburan semata-mata atau kesenangan sesaat yang sering dipertentangkan dengan proses belajar anak. Tapi pada sisi lain sebenarnya game juga tidak selamanya indentik dengan kejelekan. Karena ada banyak juga game yang baik yang tidak saja menghibur tetapi juga memiliki nilai-nilai edukasi di dalamnya

Kata Kunci – Anak Usia Dini, Pengenalan Huruf dan Angka, Game Edukasi

 

Abstract

The early age of a child is often referred to as the golden age for the development of the child. Children's education at pre-primary school age (PAUD and TK) provides a foundation for further development of children. To increase children's creativity, stimulation is needed, namely in the form of a game that educates and can improve the ability to think, speak and interact with other people. In this case, the recognition of letters and numbers in children is also very important for developing intelligence, not only for honing their memory skills, but also imaginative and artistic, spatial understanding, cognitive skills, and creative thinking patterns. Games usually seem negative for some parents. Games are synonymous with mere entertainment or momentary pleasure which is often contrasted with children's learning processes. But on the other hand, the game is not always identical with ugliness. Because there are also many good games that are not only entertaining but also have educational values ​​in them

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles