Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dengan Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting

Authors

  • Haris Jamaludin Politeknik Pratama Purwokerto
  • Irma Listyanawati Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX
  • Ainun Hasri Jannata Nurvindo Mediakom

Abstract

Abstrak

Pelatihan kepada para guru SLB di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah tentang bagaimana melaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), khususnya dimasa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting sebagai media untuk menyampaikan informasi pembelajaran dalam menjalankan dan mengambil bagian dalam pengembangan teknologi di dunia pendidikan. Kegiatan pelatihan berhasil dilaksanakan dan dievaluasi materi yang diberikan kepada peserta dan ditemukan bahwa 95%  guru SLB sebagai peserta tidak pernah memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting. Semua peserta juga belum pernah mengenal perangkat  aplikasi Zoom Meeting, dan peserta menyatakan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan aplikasi Zoom Meeting menjadi mudah dan efisien dalam memberikan informasi Pelajaran. Bahkan semua peserta merasakan manfaat dari pelatihan ini dan bersedia  menggunakan Zoom Meeting di sekolah mereka masing-masing juga akan membagikan pengetahuan mereka kepada para orang tua siswa SLB, dan juga teman sejawat di sekolahnya. Di akhir pelatihan ini, 100% peserta memberikan kesan yang baik tentang pelaksanaan pelatihan ini dan menyarankan agar pelatihan diadakan terkait dengan teknologi informasi secara berkelanjutan.

Kata kunci - Guru SLB, Administrasi, komputer, Aplikasi Zoom Meeting, Pelatihan.

 

Abstract

Training for SLB teachers in the Regional Education Office Branch IX, Central Java Province Education and Culture Office on how to carry out Distance Learning (PJJ), especially during the Covid-19 pandemic by using the Zoom Meeting application as a medium to convey learning information in running and take part in the development of technology in the world of education. The training activities were successfully carried out and evaluated on the material provided to participants and it was found that 95% of special school teachers as participants never used the Zoom Meeting application. All participants have never been familiar with the Zoom Meeting application tool, and participants stated that Distance Learning using the Zoom Meeting application is easy and efficient in providing lesson information. In fact, all participants have benefited from this training and are willing to use Zoom Meeting in their respective schools and will also share their knowledge with parents of special school students, as well as peers at their school. At the end of this training, 100% of participants gave a good impression of the implementation of this training and suggested that training be held related to information technology on an ongoing basis.

Published

2020-11-16

Issue

Section

Articles