Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Di Lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, X, XII Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah

Authors

  • Haris Jamaludin AMIK Veteran Purwokerto
  • Lestari Larasati AMIK Veteran Purwokerto
  • Sri Heneng Prasastono AMIK Veteran Purwokerto
  • A. Burhanur Rachman AMIK Veteran Purwokerto

Keywords:

Principal Leadership, SLB Teacher Performance, Management

Abstract

Abstrak

Kinerja guru di sekolah dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu kepemimpinan kepala sekolah. Semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka akan semakin baik kinerja guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode korelasi deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah guru sekolah luar biasa (SLB) di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X,IX,XII Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengan yang  berjumlah 445 guru. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 88 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proporsional Random Sampling. Variabel penelitian ini yaitu kepemimpinan kepala sekolah sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Penghitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 20.

Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis, maka dilakukan uji prasyarat   yaitu   uji   normalitas   One   Sample   Kolmogorov-Smirnov   dan   uji liniearitas. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan   bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan oleh hasil R sebesar 0,422 dan koefisien determinan (R2) adalah 17,81% nilai probabilitas 0,000 ≤ 0,05 (Sig.). Hal ini menunjukkan bahwa 17,81% kinerja guru dipengaruhi oleh kinerja kepemimpinan,kepala sekolah dalam memimpin, sedangkan 82,19% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan kepada pihak-pihak yang terlibat   dalam   dunia   pendidikan   seperti   kepala   sekolah,   guru,   pengelola pendidikan dan pemerintah hendaknya senantiasa meningkatkan kualitas kinerjanya agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai dengan mudah.

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru SLB, Manajemen.

 

Abstract

Teacher performance in schools is influenced by various factors, one of which is the leadership of the principal. The better the leadership of the principal, the better the teacher's performance. Based on this background, the purpose of this study was to determine the effect of principal leadership on teacher performance. This research uses descriptive correlation method with quantitative research type. The population in the study were special school teachers (SLB) in the Regional Education Office Branch X, IX, XII of the Central Java Province Education Office, totaling 445 teachers. While the research sample was 88 teachers. The sampling technique used was proportional random sampling technique. The variables of this study were the principal's leadership as the independent variable and the teacher's performance as the dependent variable. Data collection techniques used questionnaires, interviews, and documentation. The calculation of hypothesis testing uses the help of the SPSS version 20 program.

Hypothesis testing techniques using correlation analysis and simple linear regression analysis. Before the analysis test was carried out, a prerequisite test was carried out, namely the One Sample Kolmogorov-Smirnov normality test and the linearity test. Hypothesis testing with a significance level of 5% shows that there is an effect of the principal's leadership on teacher performance. This is shown by the R result of 0.422 and the determinant coefficient (R2) is 17.81%, the probability value is 0.000 ≤ 0.05 (Sig.). This shows that 17.81% of teacher performance is influenced by leadership performance

The principal is in leading, while 82.19% is influenced by other factors not discussed in this study. It is recommended that parties involved in the world of education, such as school principals, teachers, education managers and the government, should always improve the quality of their performance so that the goals of education can be achieved easily.

Published

2020-11-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2