Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar dan Bangun Ruang
The Implementation of Augmented Reality as a Learning Medium for Plane and Solid Geometry
Abstract
ABSTRAK
Teknologi pada masa sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat khususnya bidang teknologi informasi. Keterbatasan penggunaan bahan ajar berbasis teknologi di Sekolah Dasar Negeri 02 Krasak berdampak pada kurangnya daya tarik siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) dalam konteks pendidikan menawarkan proses pembelajaran interaktif, yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui visualisasi yang nyata dalam pembelajaran bangun datar dan bangun ruang siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul interaktif berbasis AR pada materi bangun datar dan bangun ruang. Metode pengembangan yang digunakan dalam aplikasi ini adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengujian aplikasi dilakukan dengan blackbox testing untuk memastikan aplikasi berjalan sesuai fungsionalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi berhasil dengan nilai tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi sebesar 94,8% masuk pada kategori sangat setuju, yang mengindikasikan bahwa aplikasi diterima dengan baik dan efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Augmented Reality, Android, Matematika, MDLC
ABSTRACT
Today, technology is experiencing rapid advancement, particularly in the field of information technology. The limited use of technology-based learning materials at SD Negeri 02 Krasak has resulted in low student engagement during the learning process. The use of Augmented Reality (AR) in education offers an interactive learning experience that emphasizes students' active involvement through realistic visualizations. In the context of learning plane and solid geometry, AR allows students to gain a deeper and more concrete understanding of abstract mathematical concepts. This study aims to develop an interactive AR-based module for teaching plane and solid geometry. The development method employed in this study is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Application testing was conducted using black-box testing to ensure the systems functionality. The results show that the application was successfully developed, with a user acceptance rate of 94.8%, falling into the "strongly agree" category, which indicates that the application was well received and effective as a learning tool.
Keywords: Augmented Reality, Android, Mathematics, MDLC
Published
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.