Analisa Kepuasan Pelanggan pada Puskesmas XYZ Menggunakan Metode Importance Performance Analysis
Keywords:
Importance Performance Analysis, kepuasan pasien, berwujud, kehandalan, jaminanAbstract
Puskesmas menjadi salah satu rujukan kesehatan berdasarkan satuan wilayah tertentu. Sudah selayaknya sebagai suatu rujukan yang berbasis pada pelayanan kepada masyarakat mampu memberikan pelayanan yang maksimal dan mengedepankan kenyamananan bagi pasiennya. Pelayanan kenyamanan dan kepuasan pasien dapat dilakukan dengan melakukan pengukuran baik pada proses maupun sarana dan prasarana yang ditawarkan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melakukan pengukuran terhadap kinerja dan penyediaan sarpras bagi pasien yang dibantu oleh sistem yang dirancang guna melakukan proses penilaian dari pasien kedalam proses dan sarpras yang ada. Penilaian dilakukan dengan menggunakan merode Importance Performance Analysis (IPA). Guna mendukung proses penghimpunan data, maka dirancang suatu aplikasi yang diciptakan guna melakukan penghimpunan data adalah tools Kepuasan Pasien (KePa)..
Berdasarkan penilaian yang dilakukan dengan menggunakan lima komponen yaitu: berwujud (tangiables), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), ketanggapan (responsiveness), dan kepedulian (empaty). Berdasarkan lima kondisi tersebut, manyatakan penilaian yang telah dilakukan bahwa Puskesmas XYZ telah memberikan kepuasan kepada pasien berdasarkan beberapa indicator dengan nilai sebaran sebesar 88,96.
Published
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.