ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Penulis

  • A. Burhanur Rakhman

Abstrak

Keadaan dunia usaha bersifat dinamis, dengan adanya perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan  usaha perusahaan pada umumnya, dan pemasaran pada khususnya. Maka strategi pemasaran harus memberi gambaran jelas dan terarah mengenai apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan peluang untuk mengejar sasaran. Selain itu, strategi pemasaran penting untuk menghadapi kerasnya persaingan dunia usaha saat ini. Strategi pemasaran sendiri adalah rencana yang terpadu di bidang pemasaran,tentang kegiatan yang harus dijalankan perusahaan demi mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan usaha terkait dalam menghadapi persaingan usaha saat ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gallery Padasuka sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya, dilihat dari peningkatan  jumlah penjualan. Gallery Padasuka terus mengembangkan produk dengan berbagai macam strategi untuk memasarkannya.

Kata kunci : strategi, pemasaran, daya saing

Diterbitkan

2021-06-01

Terbitan

Bagian

Articles