Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis (EKOMBIS) https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi <p>Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis (EKOMBIS) merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Kami menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Sistem Informasi dan Sistem Informasi Manajemen yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.</p> en-US Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800 OJS 3.2.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemanfaatan Cloud Accounting Bagi Efektivitas Operasional Perusahaan https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/188 <p>Dalam perkembangan teknologi di era digital saat ini dunia akuntansi dikenalkan dengan adanya cloud accounting. Cloud accounting&nbsp;merupakan sebuah pengembangan perangkat lunak akuntansi dengan memanfaatkan teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan cloud accounting bagi efektivitas operasional perusahaan. Metode penelitian yang digunakan berupa studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pemanfaatan internet dalam pengolahan dan penyimpanan data akuntansi telah memberikan kemudahan dan efektivitas dalam operasional perusahaan. Perangkat lunak akuntansi yang terhubung dengan jaringan internet telah memberikan kemudahan akses bagi pengolah maupun pengguna informasi akuntansi. Dari beberapa penelitian, cloud accounting membantu dalam proses integrasi data dan informasi berbagai kegiatan operasional perusahaan, meningkatkan efisiensi biaya, menurunkan beban kerja dan waktu kerja karyawan. Namun cloud accounting juga memiliki resiko dan kendala. Keamanan dan kerahasiaan data masih menjadi resiko yang perlu dihadapi.</p> Nugrah Leksono Putri Handayani Copyright (c) 2021 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/188 Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800 ANALISIS PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KINERJA PD BANK PERKREDITAN RAKYAT (BKK) PURWOKERTO UTARA DENGAN BALANCED SCORECARD https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/191 <p>Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Bank Palladium Perkreditan Rakyat BKK Purwokerto Utara Di Kabupaten Banyumas Dengan Menggunakan Balanced Scorecard” Pengujian Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kinerja Pada Perusahaan Daerah Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui signifikansi pengaruh intracorporate area melalui unsur pelaksana yaitu manajemen puncak. Tidak konsistennya hasil penelitian terdahulu menjadi motivasi yang mendorong terlaksananya penelitian ini.Data yang memiliki populasi sebesar 28 karyawan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun berdasarkan penelitian Simons (1987), untuk mengukur sistem pengendalian internal dalam kondisi efektif.Kinerja yang diukur dalam perspektif keuangan meliputi analisis permodalan, Analisis Kualitas Produktivitas Aset (mencakup rasio Kualitas Aset Produktif dan rasio Pengecualian Penghapusan Aset Produktif yang Wajib Dibentuk), Rentabilitas (diukur dengan rasio Return On Asset dan Operating Rasio Beban dan Laba Operasional) dan Likuiditas (diukur dengan Cash Ratio dan Loan to Deposit Ratio). Dalam perspektif kinerja keuangan yang sehat jika mengalami pertumbuhan.Untuk menguji hubungan antara sistem pengendalian internal dengan perspektif kinerja adalah internal bisnis dan hubungan antara sistem pengendalian internal dengan pertumbuhan perspektif kinerja dan penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana</p> Widodo Wibisono Copyright (c) 2021 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/191 Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800 PERANAN KOMUNIKASI DALAM PROGRAM GEMARI ( GERAKAN MAKAN IKAN ) UNTUK MEWUJUDKAN KECUKUPAN GIZI MASYARAKAT DAN PENINGKATAN PRODUKSI UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/192 <p>Indonesia merupakan negara maritim yang sebagian wilayahnya merupakan perairan yang cukup luas, dimana di dalamnya terdapat banyak jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi penduduk Indonesia, dan tentu saja dapat memenuhi kebutuhan protein penduduk Indonesia. Sebagai sumber protein, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, serta baik pula untuk kesehatan anak. Ikan mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan anak-anak, yang bisa mencegah gizi buruk pada anak. Upaya meningkatkan gizi masyarakat Indonesia serta minat untuk mengkonsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, karena sangat erat hubungannya dalam mengurangi tingkat stunting di Indonesia. Ikan juga diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan budaya masyarakat Indonesia. Upaya peningkatan konsumsi ikan akan memberikan manfaat ganda, selain meningkatkan kecerdasan,juga makin menggairahkan sektor perikanan. Dengan melihat hal tersebut, Pemerintah terdorong untuk dapat mengkomunikasikan hal tersebut kepada masyarakat. Maka lahir program Gerakan Makan Ikan (Gemari). Program ini adalah tugas bersama karena dengan meningkatnya tingkat konsumsi ikan masyarakat akan turut mendukung P:emerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas. Hal ini juga akan mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan.</p> Poppy Fitrijanti Soeparan Copyright (c) 2021 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/192 Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800 ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN WAJIB PAJAK BADAN ATAS UNDANG UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2007 TENTANG KETENTUAN UMUM DAN TATA CARA PERPAJAKAN https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/196 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman wajib pajak badan atas Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.&nbsp; yang disahkan untuk menggantikan undang-undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakkan sebelumnya.&nbsp; Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, sedangkan Teknik analisis datanya adalah dengan analisis deskriptif.&nbsp; Variabel dalam penelitian adalah variabel pemahaman tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (X), yang selanjutnya disebut Identitas Wajib Pajak (X<sub>A</sub>), Hak dan Kewajiban Wajib Pajak (X<sub>B</sub>), Pembukuan/Pencatatan (X<sub>C</sub>), Keberatan dan Banding (X<sub>D</sub>), Penyidikan dan Pemeriksaan (X<sub>E</sub>).&nbsp;</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wajib pajak badan paham atas UU Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.&nbsp; Wajib pajak badan paham dengan Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan terkait Identitas Wajib Pajak dengan mean: 3,216. Terkait dengan Hak dan Kewajiban Wajib Pajak dengan mean: 2,91. terkait dengan Pembukuan atau Pencatatan dengan mean: 3,001. Terkait dengan Keberatan dan Banding dengan mean: 2,772.&nbsp; Dan terkait dengan Penyidikan dan Pemeriksaan dengan mean: 2,76.</p> Widodo Wibisono Copyright (c) 2021 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/196 Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/197 <p>Keadaan dunia usaha bersifat dinamis, dengan adanya perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan&nbsp; usaha perusahaan pada umumnya, dan pemasaran pada khususnya. Maka strategi pemasaran harus memberi gambaran jelas dan terarah mengenai apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan peluang untuk mengejar sasaran. Selain itu, strategi pemasaran penting untuk menghadapi kerasnya persaingan dunia usaha saat ini. Strategi pemasaran sendiri adalah rencana yang terpadu di bidang pemasaran,tentang kegiatan yang harus dijalankan perusahaan demi mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dilakukan usaha terkait dalam menghadapi persaingan usaha saat ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Gallery Padasuka sudah cukup efektif dalam memasarkan produknya, dilihat dari peningkatan &nbsp;jumlah penjualan. Gallery Padasuka terus mengembangkan produk dengan berbagai macam strategi untuk memasarkannya.</p> <p>Kata kunci : strategi, pemasaran, daya saing</p> A. Burhanur Rakhman Copyright (c) 2021 https://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalekonomi/article/view/197 Tue, 01 Jun 2021 00:00:00 +0800