Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Berbasis Android

Design and Development of First Aid Learning Application for Accidents (P3K) Based on Android

Keywords:

Kecelakaan, Android, P3K, Smartphone

Abstract

Kecelakaan merupakan kejadian yang menyebabkan seseorang atau sekelompok orang mengalami kesusahan, kemalangan, bencana atau perihal celaka. Kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja, dimana saja dan kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat tindakan medis di tempat kejadian menjadi penting agar dapat memberikan pertolongan awal pada korban secara cepat dan tepat. Tindakan pertolongan awal saat terjadi kecelakaan dinamakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K). Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi dampak dari kecelakaan tersebut.

Kemajuan teknologi komputasi mobile yang pesat telah mengubah perangkat mobile handphone menjadi smartphoneSmartphone memiliki beragam aplikasi di dalamnya sehingga perangkat smartphone sudah menjadi kebutuhan primer. Sistem operasi pada smartphone yang banyak digunakan adalah sistem operasi android. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi P3K pada perangkat smartphone android yang berisi pembelajaran P3K antara lain tindakan P3K, teknik penyelamatan, obat serta dosis penggunaan serta nomor telepon darurat yang dapat dihubungi. Masyarakat diharapkan dapat dengan mudah menggunakan dan mempelajari P3K melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi P3K dikembangkan menggunakan metode Prototype dengan tahapan Identify basic requirement, Develop initial prototype, User interview, Revice and Enhance the prototype. Sedangkan untuk mengevaluasi Aplikasi P3K digunakan uji produk yang mengacu pada atribut Dimension of Quality for Good (DQG) dan uji manfaat yang mengacu pada atribut UseabilityLearnabilityEfficiencyAcceptability (ULEA). Dimension of Quality for Good (DQG) terdiri dari Operation, Reliability & DurabilityConformanceAppearanceServiceability, dan Perceived Quality. Pada uji produk diperoleh nilai sebesar 90,8%. Sedangkan untuk uji manfaatnya diperoleh hasil Useability 96,25%, Learnability 96,25%, Efficiency 80,83%, dan Acceptability 90,42%. Hasil uji produk dan uji manfaat menunjukkan Aplikasi Pembelajaran Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) berbasis Android dapat digunakan dan bermanfaat terutama dari segi kegunaan dan kemudahan untuk dipelajari.

Published

2023-09-01

Issue

Section

Articles