Analisis Forensik Perbandingan Tingkat Kerentanan Serangan Malware Pada Smartphone Berbasis IOS Dan Android Menggunakan Metode Nist

Authors

  • Ermadi Satriya Wijaya Politeknik Pratama Purwokerto
  • Raudatul Mukidah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

INTISARI

Malicous Software yang biasa dikenal dengan sebutan malware merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk dapat menyusup kedalam sistem tanpa diketahui pemilik sistem. Spyware adalah perangkat lunak yang diinstal pada komputer untuk memata-matai aktivitas dan melaporkan data kepada orang-orang yang bersedia membayarnya. Adware merupakan perangkat lunak yang dapat memperlambat koneksi internet dengan menggunakan bandwidth untuk mengambil iklan. Selain itu, adware dapat meningkatkan ketidakstabilan sistem karena banyak aplikasi adware tidak diprogram dengan baik. Malware analysis diperlukan untuk mempelajari bagaimana cara kerja pola penyerangan malware sebagai bentuk perlawanan pada perkembangan jenis malware yang semakin berbahaya. Oleh karena itu diperlukan analisis untuk mempelajari bagaimana malware bekerja. Konsep penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode NIST yang memiliki tahapan dari acquisition, examination dan analysis, dan reporting. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui perbandingan tingkat kerentanan malware pada smartphone berbasis iOS dan android.

 

Kata kunci: Malicous, Malware, Spyware, Adware, NIST, iOS, Android

 

 

ABSTRACT

Malicous Software commonly known as malware is an application that is specifically designed to be able to infiltrate the system without being known by the systems owner. Spyware is software installed on computers to spy on activities and report the data to people who are willing to pay for it. Adware is software that can cause slowness the internet connections by using bandwidth to retrieve advertisements. In addition, adware can increase system instability because many adware applications are not programmed properly. Malware analysis is needed to study how the malware attack pattern works as a form of resistance to the development of increasingly dangerous types of malware. Therefore, the analysis is needed to learn how malware works. The research concept used in this study were the NIST method which has stages of acquisition, examination and analysis, and reporting. From the results of this study is expected to know the comparison of the level of malware vulnerability on iOS and Android-based smartphones.

Published

2019-11-13

Issue

Section

Articles