Dampak Analisis Big Data pada Pengambilan Keputusan di Organisasi
Impact of Big Data Analytics on Decision Making in Organizations
Keywords:
Big Data, Analytics, Decision MakingAbstract
ABSTRAK
Dalam beberapa tahun terakhir, istilah "Data Besar" dan "Analisis Data Besar" menjadi semakin relevan bagi para sarjana dan pelaku bisnis di bidang yang terkait dengan teknologi informasi (TI) dan bidang lainnya. Sebaliknya, itu adalah wawasan yang diperoleh dari analisis data yang membuahkan hasil, dan organisasi harus mengembangkan atau memperoleh keterampilan analitis. Berbekal pakar analitik data besar yang dapat memberikan wawasan seperti itu dari data, organisasi diharapkan mencapai keunggulan kompetitif. Analisis deskriptif dan prediktif terutama berkontribusi pada penemuan pengetahuan dan sebagai hasilnya terus meningkat. Kumpulan pengetahuan umum yang tersedia dalam sebuah organisasi yang berfungsi sebagai dasar untuk keputusan manajerial keluar. Kekuatan BD terkait erat dengan kecanggihan BDA, dan penggunaan kumpulan data yang besar dan beragam untuk analisis memerlukan alat dan metode yang lebih canggih, yang secara langsung dan tidak langsung mengurangi kinerja. Kurangnya efek moderasi antara BD dan BDA di ABDM menunjukkan bahwa sumber daya ini secara independen mempengaruhi pengambilan keputusan. Seperti disebutkan sebelumnya, penelitian kami juga menunjukkan bahwa manajer organisasi yang lebih kecil secara signifikan lebih mungkin untuk membuat keputusan yang tepat daripada manajer organisasi yang lebih besar. Hasil ini konsisten dengan beberapa kasus yang dilaporkan dalam literatur dan menunjukkan bahwa perusahaan kecil berada dalam posisi kompetitif dalam analisis (CGMA 2013). Akhirnya, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ABDM dikaitkan dengan pengambilan keputusan yang lebih baik, daripada secara eksplisit mengukur kualitas atau kinerja keputusan.
Kata Kunci: Big Data, Analitik, Pengambilan Keputusan
ABSTRACT
In recent years, the terms "big data" and "big data analysis" have become increasingly relevant to scholars and businesspeople in information technology (IT) and other related fields. Rather, it is the insights gained from data analysis that come to fruition, and organizations must develop or acquire analytical skills. Armed with big data analytics experts who can provide such insights from data, organizations are expected to achieve a competitive advantage. The descriptive and predictive analysis mainly contribute to knowledge discovery and as a result, continue to improve. A collection of general knowledge available within an organization that serves as the basis for exit managerial decisions. The power of BD is closely related to the sophistication of BDA, and the use of large and diverse data sets for analysis requires more sophisticated tools and methods, which directly and indirectly reduce performance. The lack of a moderating effect between BD and BDA in ABDM suggests that these resources independently influence decision-making. As noted earlier, our research also shows that managers of smaller organizations are significantly more likely to make informed decisions than managers of larger organizations. These results are consistent with several cases reported in the literature and suggest that small firms are in a competitive position in the analysis (CGMA 2013). Finally, previous research has shown that ABDM is associated with better decision-making, rather than explicitly measuring decision quality or performance.
Keywords: Big Data, Analytics, Decision Making.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Haris Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.