http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/issue/feed Jurnal Media Pratama 2025-08-04T10:05:51+08:00 Ermadi Satriya Wijaya ermadi.satriya@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Media Pratama adalah Terbitan Berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh CV. Infomedia Technology yang menyajikan artikel tentang hasil pemikiran dan penelitian serta perkembangan mutakhir yang meliputi bidang: Elektro, Industri, Manajemen Informatika, Teknologi informasi, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Multimedia, Informatika, Forensik Digital, Aplikasi Mobile, Ekonomi Manajemen dan bidang lain yang relevan. Frekuensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.</p> http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/article/view/536 Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bangun Datar dan Bangun Ruang 2025-08-04T09:15:09+08:00 Naufal Hazim naufalhazim2002@gmail.com Sigit Sugiyanto sigitsugianto@ump.ac.id Ermadi Satriya Wijaya ermadisatriyawijaya@ump.ac.id <p>Teknologi pada masa sekarang ini mengalami perkembangan yang sangat pesat khususnya bidang teknologi informasi. Keterbatasan penggunaan bahan ajar berbasis teknologi di Sekolah Dasar Negeri 02 Krasak berdampak pada kurangnya daya tarik siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Penggunaan teknologi <em>Augmented Reality</em> (AR) dalam konteks pendidikan menawarkan proses pembelajaran interaktif, yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui visualisasi yang nyata dalam pembelajaran bangun datar dan bangun ruang siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul interaktif berbasis AR pada materi bangun datar dan bangun ruang. Metode pengembangan yang digunakan dalam aplikasi ini adalah MDLC (<em>Multimedia Development Life Cycle</em>). Pengujian aplikasi dilakukan dengan <em>blackbox</em> <em>testing</em> untuk memastikan aplikasi berjalan sesuai fungsionalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi berhasil dengan nilai tingkat penerimaan pengguna terhadap aplikasi sebesar 94,8% masuk pada kategori sangat setuju, yang mengindikasikan bahwa aplikasi diterima dengan baik dan efektif dalam proses pembelajaran.<br><br><br></p> <p><em>Today, technology is experiencing rapid advancement, particularly in the field of information technology. The limited use of technology-based learning materials at SD Negeri 02 Krasak has resulted in low student engagement during the learning process. The use of Augmented Reality (AR) in education offers an interactive learning experience that emphasizes students' active involvement through realistic visualizations. In the context of learning plane and solid geometry, AR allows students to gain a deeper and more concrete understanding of abstract mathematical concepts. This study aims to develop an interactive AR-based module for teaching plane and solid geometry. The development method employed in this study is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Application testing was conducted using black-box testing to ensure the systems functionality. The results show that the application was successfully developed, with a user acceptance rate of 94.8%, falling into the "strongly agree" category, which indicates that the application was well received and effective as a learning tool.</em></p> 2025-06-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/article/view/534 Prediksi Curah Hujan Harian Dengan Metode Forecasting Dengan Pendekatan Neural Network Di Kabupaten Wonosobo 2025-08-01T22:18:13+08:00 Haris Jamaludin harisjp88@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Curah hujan adalah salah satu unsur yang paling kompleks dan sulit dipahami serta dimodelkan dalam siklus hidrologi. Untuk meramalkan kejadian masa depan, digunakan metode peramalan yang melibatkan analisis data masa lalu untuk menemukan pola, trend, dan hubungan yang sistematis. Dalam hal ini, algoritma Neural Network (NN) dan Moving Average digunakan. Neural Network adalah model matematika yang terinspirasi oleh jaringan saraf biologis manusia dan mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, nonlinear, dan stokastik dengan menggunakan operasi matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, dan logika dasar. Sementara itu, Moving Average adalah metode analisis data yang juga dapat digunakan untuk peramalan.Secara geografis, Kabupaten Wonosobo terletak antara 70.11'.20" sampai 70.36'.24" Lintang Selatan (LS) dan 1090.44'.08" sampai 1.100.04'.32" Bujur Timur (BT), dengan luas wilayah 98.468 hektar (0,68 km2) atau sekitar 3,03% dari luas provinsi Jawa Tengah. Administratif, wilayah ini terbagi menjadi 15 kecamatan. Dalam konteks klimatologi, Wonosobo memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Suhu udara rata-rata di Wonosobo berkisar antara 14,3 hingga 26,5 °C, dan curah hujan rata-rata per tahunnya berkisar antara 1.713 hingga 4.255 mm. Kondisi ini menjadikan Kabupaten Wonosobo sangat cocok untuk pertanian, yang juga merupakan sektor perekonomian yang dominan di daerah tersebut.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>Rainfall is one of the most complex and difficult elements to understand and model in the hydrological cycle. To forecast future events, forecasting methods are used that involve analyzing past data to find systematic patterns, trends and relationships. In this case, Neural Network (NN) and Moving Average algorithms are used. Neural Network is a mathematical model inspired by human biological neural networks and is capable of solving complex, nonlinear, and stochastic problems by using simple mathematical operations such as addition, subtraction, and basic logic. Meanwhile, Moving Average is a data analysis method that can also be used for forecasting. Geographically, Wonosobo Regency is located between 70.11'.20" to 70.36'.24" South latitude (LS) and 1090.44'.08" to 1,100.04'.32" East longitude (BT), with an area of 98,468 hectares (0.68 km2) or about 3.03% of the area of Central Java province. Administratively, the region is divided into 15 sub-districts. In terms of climatology, Wonosobo has a tropical climate with two seasons, namely the dry season and the rainy season. The average air temperature in Wonosobo ranges from 14.3 to 26.5 °C, and the average annual rainfall ranges from 1,713 to 4,255 mm. These conditions make Wonosobo Regency very suitable for agriculture, which is also the dominant economic sector in the area.</em></p> 2025-06-26T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Haris Jamaludin http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/article/view/535 Analisis Kualitas Pendidikan Di Sekolah Luar Biasa Di Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah 2025-08-03T13:56:21+08:00 Haris Jamaludin harisjp88@gmail.com Irma Listyanawati irmalistyanawati20@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) di wilayah Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 10 Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner yang diberikan kepada siswa dan guru di berbagai SLB di wilayah tersebut. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa nyaman belajar di sekolah dan menilai fasilitas sekolah cukup memadai. Sebanyak 85% siswa merasa guru membantu mereka dalam memahami pelajaran, dan 80% siswa merasa kurikulum yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun, hanya 70% siswa yang merasa sekolah menyediakan alat bantu belajar yang cukup, dan 60% yang merasa layanan konseling memadai.</p> <p>Dari perspektif guru, 80% merasa memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar siswa berkebutuhan khusus, dan 70% menyatakan sekolah menyediakan pelatihan rutin yang cukup. Sebanyak 75% guru menilai kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan siswa, meskipun hanya 65% yang merasa fasilitas sekolah mendukung proses pembelajaran. Dukungan dari manajemen sekolah dirasakan cukup oleh 85% guru, sedangkan partisipasi orang tua dinilai cukup baik oleh 60% guru.</p> <p>Pembahasan menunjukkan bahwa meskipun kualitas pendidikan di SLB di wilayah ini sudah cukup baik, masih ada beberapa area yang memerlukan perbaikan, termasuk peningkatan fasilitas dan alat bantu belajar, pelatihan dan pengembangan guru, layanan konseling, serta partisipasi orang tua. Implementasi saran-saran ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SLB sehingga lebih optimal dalam memenuhi kebutuhan siswa berkebutuhan khusus.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>This study aims to analyze the quality of education in Special Schools (SLB) in the Regional Education Office of Region 10, Central Java Province. This research employs a survey method with questionnaires given to students and teachers in various SLBs in the area. The data obtained shows that the majority of students feel comfortable studying at school and consider the school's facilities adequate. A total of 85% of students feel that teachers help them understand lessons, and 80% of students feel that the curriculum taught meets their needs. However, only 70% of students feel that the school provides sufficient learning aids, and 60% feel that counseling services are adequate.</em></p> <p><em>From the teachers' perspective, 80% feel they have sufficient competence to teach special needs students, and 70% state that the school provides adequate regular training. </em><em>As many as 75% of teachers consider the curriculum appropriate for the students' needs, although only 65% feel that the school's facilities support the learning process. Support from school management is felt adequate by 85% of teachers, while parental participation is considered quite good by 60% of teachers.</em></p> <p><em>The discussion shows that although the quality of education in SLBs in this region is quite good, there are still some areas that need improvement, including enhancing facilities and learning aids, teacher training and development, counseling services, and parental participation. Implementing these suggestions is expected to improve the quality of education in SLBs to better meet the needs of special needs students.</em></p> 2025-06-27T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Haris Jamaludin, Irma Listyanawati http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/article/view/537 Rancang Bangun Website Profil Desa Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas 2025-08-04T09:35:36+08:00 Daffa Rafiatul Maula printshandi@gmail.com Sigit Sugiyanto sigitsugianto@ump.ac.id Haris Jmaludin harisjp88@gmail.com <p><strong>ABSTRAK</strong><br>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Rancang bangun website profil Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, merupakan proyek pengembangan sistem informasi berbasis website yang bertujuan untuk menyediakan media publikasi resmi desa yang informatif dan mudah dioperasikan. Website ini dirancang agar dapat menjadi sarana penyampaian informasi yang efektif kepada masyarakat, serta dapat dikelola langsung oleh perangkat desa tanpa memerlukan keahlian teknis yang tinggi. Melalui proses observasi dan wawancara dengan pihak desa, ditemukan bahwa website desa sebelumnya sudah ada namun tidak terkelola, karena ketiadaan operator dan tidak tersedianya akses login. Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah merancang ulang sistem website desa dengan tampilan yang sederhana namun fungsional, serta dilengkapi dengan admin panel yang memungkinkan pengelolaan konten seperti berita, galeri, profil desa, dan kontak. Hasil dari proyek ini adalah sebuah website profil desa dengan halaman-halaman utama seperti beranda, profil, berita, galeri, dan kontak, serta sistem backend (admin) untuk pengelolaan konten. Website ini diharapkan dapat menjadi media digital yang mendukung transparansi informasi desa dan meningkatkan partisipasi masyarakat.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The design and development of the Tamansari Village profile website, located in Karanglewas Subdistrict, is a web-based information system project aimed at providing an official, informative, and user-friendly platform for the village. This website is intended to serve as an effective communication tool for the community and can be directly managed by village officials without requiring advanced technical skills. Through observation and interviews with village authorities, it was found that a previous version of the village website existed but was unmanaged due to the absence of an operator and the lack of login access. Therefore, the proposed solution is to redesign the village website with a simple yet functional interface, equipped with an admin panel that enables the management of content such as news, gallery, village profile, and contact information. The result of this project is a village profile website with main pages including home, profile, news, gallery, and contact, along with a backend (admin) system for content management. This website is expected to become a digital medium that supports village information transparency and enhances community participation.</em></p> 2025-08-04T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 http://jurnal.inf.co.id/index.php/jurnalmediapratama/article/view/538 Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Tari Tradisional Indonesia Berbasis Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking 2025-08-04T10:05:51+08:00 Ajeng Soumiatun Nafiah ajengsomi@gmail.com Tito Pinandita titop@ump.ac.id Sigit Sugiyanto sigitsugianto@ump.ac.id Lahan Adi Purwanto sigitsugianto@ump.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penurunan minat generasi muda terhadap kesenian tradisional Indonesia khususnya tarian daerah menjadi tantangan dalam upaya pelestarian budaya nasional. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi pengenalan tarian tradisional Indonesia berbasis teknologi <em>Augmented Reality </em>(AR) dengan metode <em>Marker-Based Tracking</em>. Aplikasi ini dirancang sebagai media pembelajaran interaktif yang memungkinkan pengguna khususnya siswa sekolah dasar mempelajari berbagai jenis tarian tradisional melalui visualisasi tiga dimensi yang ditampilkan saat <em>Marker </em>tertentu dipindai oleh kamera perangkat Android. Proses pengembangan aplikasi mengikuti model <em>Multimedia Development Life Cycle </em>(MDLC) yang mencakup enam tahapan yaitu konsepsi, perancangan, pengumpulan materi, pembangunan, pengujian, dan distribusi. Hasil dari uji coba kepada siswa kelas IV di SD Negeri Karanggintung 04 menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi budaya, serta dinilai mudah digunakan dan menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi AR dalam pendidikan seni budaya dapat menjadi pendekatan efektif untuk mendukung pelestarian warisan budaya Indonesia di kalangan generasi muda.</p> <p><strong><em>ABSTRACT</em></strong></p> <p><em>The decline in interest of the younger generation in traditional Indonesian arts especially regional dances is a challenge in efforts to preserve national culture. This study develops an application for introducing traditional Indonesian dances based on technology. Augmented Reality (AR) with the method Marker-Based Tracking. This application is Designed as an interactive learning media that allows users especially elementary school students to learn various types of traditional dances through three-dimensional visualizations displayed during the Marker certain scanned by the Android device camera. The application development</em></p> <p><em>process follows the modelMultimedia Development Life Cycle (MDLC) which includes six stages, namely conception, Design, material collection, construction, testing, and distribution. The results of the trial on fourth grade students at SD Negeri Karanggintung 04 showed that this application succeeded in increasing students' interest and understanding of cultural materials and was considered easy to use and interesting. These findings indicate that the integration of AR technology in arts and culture education can be an effective approach to support the preservation of Indonesian cultural heritage among the younger generation.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-08-04T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025